e-wak.com, Aplikasi Pemasaran Peralatan Perikanan Berbasis Online

Kabindo-Sampai saat ini bisnis di bidang perikanan bisa dibilang belum banyak digarap terutama oleh mereka para generasi muda. Padahal potensi bisnis bidang perikanan sangat menjanjikan mengingat sumber daya perikanan dan pasar yang besar di negeri ini membuat usaha perikanan tidak akan pernah mati.

Salah satu penyebabnya bisa dibilang sulitnya mendapatkan peralatan maupun berbagai keperluan budidaya terutama bagi mereka di luar kota besar. Kalaupun ada, harga yang ditawarkan mungkin sangat mahal. Karena alasan itulah www.e-wak.com hadir untuk memberikan informasi berbagai peralatan keperluan budidaya perikanan.

Adalah Wendy Perdana Poetra yang mencoba membuat aplikasi pemasaran berbasis online  (ecommerce) ini. Belajar dari pengalaman terjun ke dunia perikanan khususnya lele selama 5 tahun, pemuda yang akrab disapa Wendy ini kerap menemukan para pembudidaya pemula yang kesulitan mendapatkan peralatan budidaya. Dan dari situlah ia melihat adanya peluang untuk menggarap pasar peralatan budidaya perikanan ini.  “Banyak pembudidaya pemula yang menanyakan informasi peralatan budidaya, karena itulah saya membuat e-walk.com sehingga mereka tinggal membuka e-wak.com dan semua keperluan budidaya dari A-Z ada disana,” tambah pemuda kelahiran 10 Juli 1988 ini.

Wendy Perdana Poetra, pencetus aplikasi e-wak.com

Produk Peralatan Perikanan. Sebagai aplikasi berbasis online, e-wak.com mempermudah para pembudidaya pemula untuk mendapatkan berbagai peralatan budidaya perikanan. Sekitar 150-200an produk peralatan perikanan ditawarkan yang terbagi dalam beberapa kategori. Mulai dari kolam, peralatan budidaya seperti aerator, kakaban, bak sortir, probiotik dan obat-obatan hingga pakan.

Untuk kolam, e-wak.com memasarkan dua tipe kolam yaitu kolam kotak dan kolam bulat. Kolam kotak yang ditawarkan mulai dari ukuran 2 meter x 1 meter hingga 10 meter x 10 meter dengan menggunakan terpal berketebalan A12. Kolam yang dibuat sangat praktis tinggal plug n play, sudah lengkap dengan berbagai keperluannya hingga untuk instalasi pembuangannya pun sudah dipersiapkan.

Sedangkan untuk kolam bulat mulai dari ukuran diameter 1 meter hingga diameter 6 meter. Dan untuk kolam jenis ini sudah lengkap dengan rangka besi, karpet pelindung sampai instalasi pembuangan air. Dan untuk perakitan kolam, Wendy menjelaskan akan mengirimkan link youtube sebagai panduan dalam melakukan perakitan bila perlengkapan kolam sudah diterima konsumen.

Bicara mengenai harga, Wendy mengaku bila harga perlengkapan perikanan yang ditawarkan e-wak.com sangat terjangkau. Untuk kolam kotak berukuran 2 meter x 1 meter sekitar Rp 264 ribu dan untuk kolam bulat dengan diameter 2 meter seharga Rp 975 ribu (full set) dan Rp 455 ribu untuk terpal.

Untuk memudahkan dalam pengoperasiannya, aplikasi e-wak.com dibuat dalam bentuk mobile friendly sehingga dapat diakses melalui aplikasi android. Langkah dalam memesan sangat simple, begitu konsumen melakukan pemesanan sistem akan langsung mengalkulasi harga beserta ongkos kirim. Lalu konsumen akan mendapatkan email harga yang harus dibayarkan. Setelah konsumen melakukan transfer dan melakukan konfirmasi barang yang dipesan disiapkan dan langsung diantar. Untuk area pulau jawa biasanya memakan waktu 3-4 hari sedangkan untuk luar jawa bisa memakan waktu lebih dari 1 minggu.

Walau baru dirilis awal tahun ini namun respon masyarakat terhadap e-wak sangat baik. Hal tersebut bisa dilihat dari pesanan yang datang dari berbagai daerah khususnya di luar pulau Jawa seperti Nabire, Papua dan Medan, Sumatera Utara.

Diakui Wendy sampai saat ini kendala yang masih dirasakannya dalam menjalankan usaha ini adalah pengiriman. Mahalnya biaya pengiriman yang terkadang melebihi dari harga barang yang dipesan membuat banyak konsumen khususnya dari luar daerah yang mengurungkan niatnya untuk membeli produk perikanan yang ditawarkan.

Peluang Usaha. Tidak hanya pada penjualan peralatan budidaya khususnya lele seperti yang ada sekarang, kedepannya Wendy akan membuat aplikasi e-wak.com lebih lengkap. Berbagai kebutuhan budidaya perikanan lain seperti perikanan laut dan ikan hias juga akan di pasarkan pada aplikasi ini.

Selain itu, Wendy melalui aplikasi e-wak.com akan mendorong sebuah peluang usaha baru bagi para pembudidaya ikan. Sehingga para pembudidaya bukan hanya memasarkan bibit atau hasil budidaya ikannya juga bisa memasarkan berbagai produk kebutuhan perikanan yang ada di e-wak.com dan dari situ pembudidaya akan mendapatkan tambahan penghasilan dari komisi hasil penjualan. “Untuk kerjasama akhir tahun baru akan kita mulai karena saat ini kita masih terus menjalin kerajasama dengan berbagai supplier produk,” jelasnya.

Sebagai seorang yang sudah berkecimpung di bidang perikan darat khususnya lele, Wendy berharap sektor bisnis ini semakin ramai dilirik oleh masyarakat khususnya anak muda. Karena memang potensi besar di bisnis perikanan serta pasar yang menjanjikan memuat bisnis budidaya di bidang perikanan wajib untuk dijalankan.

 

BAGIKAN